BETON TAHU?

Hallo teman-teman semua

 

Dalam diskusi ini kita akan coba membahas si mungil namun berbahaya dalam dunia konstruksi. Penasaran bukan? Yuk, kita bahas santai namun fokus agar teman-teman bisa mendapatkan informasi penting dan berharga setelah membaca tulisan ini. Simak yah..

 

Dalam dunia konstruksi, ada banyak sebutan awam atau asing bagi civitas akademika yang jarang atau bahkan tidak pernah meninjau langsung pekerjaan lapangan. contohnya seperti besi banci, beton tahu, kursi tulangan, dan masih banyak lagi. Nama-nama ini sangat sulit untuk kita ketahui di dalam kelas saja. Banyak nama-nama yang sebenarnya hanya bisa kalian ketahui ketika meninjau atau kerja langsung di lapangan.

 

Kita akan coba mengulas tentang beton tahu. Beton tahu? Enak donk yahh.

 

Beton tahu? Lantas kenapa disebut beton tahu? Padahal tahu itu lunak, sedangkan beton itu keras. Itu merupakan sifat yang kontradiksi sekali antara beton dan tahu. Nah, jawaban yang tepat adalah, istilah beton tahu atau sering disebut sebagai beton decking merujuk pada bentuk beton yang dibuat saja. Umumnya beton decking yang dibuat berbentuk kotak menyerupai tahu, namun ada juga yang berbentuk silinder. Sehingga untuk mempermudah penyebutan ketimbang harus menyebut beton decking, maka lahirlah penyebutan beton tahu yang sudah terkenal hingga saat ini.

 

Beton tahu merupakan campuran beton/spesi yang dibuat dengan tujuan untuk menghasilkan lapisan selimut beton sesuai rencana. Selimut beton itu adalah jarak terluar beton dengan sisi terluar baja. Ketebalan selimut beton akan berbeda-beda tergantung dengan kondisi iklim dimana pembangunan itu diadakan, Pada kondisi pembangunan di cuaca dengan tingkat asam/garam tinggi akan berbeda dengan kondisi cuaca biasa, sehingga ketebalan selimut beton akan semakin tebal didaerah dengan tingkat asam/garam tinggi. Hal itu telah dijelaskan pada SNI-2847-2013. Misalnya dalam pengerjaan balok, tidak mungkin pembesian itu akan langsung menyentuh bekisting, makanya diberikan spasi/jarak guna membatasi antara tulangan dengan kontaminasi dunia luar yang akan membahayakan tulangan.

Penulis :

Nama            : FARDINATA

 

Hobi            : Travelling, Bernyanyi, Mendesain

 

Moto Hidup     : Kerja Ikhlas Untuk Hasil Berkualitas

 

Pos-el          : Fardi100797@gmail.com

 

Untitled